Sering Masturbasi Sebabkan Kanker Rahim

Sering Masturbasi Sebabkan Kanker Rahim

Sering Masturbasi Sebabkan Kanker Rahim,- Kanker rahim selalu jadi momok yang menakutkan bagi wanita. Berbagai faktor risiko bisa divonis penyakit yang tercatat sebagai pembunuh nomor satu bagi kaum hawa di Indonesia ini telah banyak diungkap. Salah satunya, masturbasi.

Namun sayang, informasi yang berkaitan dengan kanker rahim belum dapat menjangkau seluruh masyarakat, terutama kaum wanita. Padahal, semua wanita berisiko kanker yang menyerang organ intim mereka.

DR dr Laila Nuranna SpOG(K), dari Rumah Sakit Cipto Mengunkusumo (RSCM) memaparkan, risiko terjangkit kanker rahim akan semakin meningkat dengan bertambahnya usia, terutama pada puncak usia 30 sampai 50 tahun.

Baca juga :  Mencegah kanker rahim dengan rutin berolahraga

Penyebab kanker rahim adalah infeksi atau reinfeksi HPV (human papilloma virus). Di Indonesia, setiap satu jam ada satu sampai dua orang penderita kanker rahim yang meninggal. Dan sebanyak 99,7 persen kanker rahim disebabkan HPV onkogenik atau penyebab kanker.

Bagaimana cara penularannya? Ternyata bukan hanya dari gaya hidup yang tak sehat saja, namun kemungkinan lain yang menyebabkan terjangkitnya kanker rahim ialah perilaku seks bebas.

“Topik ini harus hati-hati banget. Tapi tidak dapat dimungkiri bahwa penyakit menular seksual itu memang fenomena ping pong, bisa juga menyebabkan terkena kanker rahim,” jelas dr Laila.

Baca juga : Tanaman Obat Penyakit Kanker Rahim Tradisional

Hubungan seksual yang bebas, bukan satu-satunya penyebab HPV masuk ke dalam mahkota wanita. Namun, aktivitas masturbasi yang sering kali dilakukan sendiri atau melalui tangan pasangannya juga bisa menyebabkan masuknya HPV ke liang vagina.

“Ciri dari HPV itu, dia memang bisa nempel skin to skin contact. Kemungkinan juga bisa ketika bermasturbasi dengan kondisi tangan yang kotor,” tukas Dr Laila.

Baca cara mengobati kanker rahim.

Tidak ada komentar

Posting Komentar